Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin
Mantan Raja Gowa

Selasa, 02 November 2010

Sekilas Kerajaan Borisallo :



Borisallo - Kerajaan Borisalllo merupakan salah satu kerajaaan kecil yang tertua di wilayah kerajaaan gowa. Hal ini dapat di lihat dari nama negeri itu yang terdiri dari dua suku kata yakni kata ‘Bori’ dan ‘Sallo’. Bori dalam bahasa makassar berarti negeri atau daerah sedangkan Sallo dalam bahasa Makassar berarti lama atau tua. Dengan Demikian kata borisallo bisa diartikan Negeri yang lama atau yang tua.


Dari hasil penilitian dilapangan, telah muncul berbagai cerita dari masyarakat berupa legenda atau dongeng yang hingga kini dipercaya kebenarannya oleh masyarakat Borisallo. Ada yang berpendapat bahwa usia borissallo itu jauh lebih tua dibanding dengan usia kerajaan gowa (13200).

Kerajaan Borisallo sejak dari dulu hingga kini telah ikut memperkuat barisan pertahanan Kerajaan Gowa. Sejak tahun 15, masuk menjadi anggota Bate Salapang di Kerajaan Gowa


Sebagai daerah bekas Kerajaan tentunya telah banyak menyimpan situs sejarah dan budaya yang hingga kini masih tetap di lestarikan. Belum lagi keindahan panorama alam di Dam Bili-Bili dan juga didaerah pedesaan lain. Semuanya itu, kalau dikemas dengan baik akan mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung kedaerah ini.


Banyak kisah tokoh sejarah atau cerita legenda yang terdapat di daerah ini, Seperti halnya I Mappasempak Daeng Mamaro Karaeng Bontolangkasa, I Manyanderi Daeng Pasawi, I Sangkilang Karaengta Data, I Mannanggongang Daeng Mattawang dan masih banyak lagi tokoh-tokoh sejarah lainnya.



Demikian halnya cerita legenda pada obyek wisata seperti Dam Bili-Bili, Rumah Adat di Pakko Lompo, Air Terjung Bantimurung, Lesehan Pammorongan (Tempo Dulu), Makam Karaeng Baroanging, dan masih banyak cerita yang menarik dan oyek wiasatanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar